A. Definisi Actuating
Dari seluruh rangkaian proses manajemen, pelaksanaan (actuating) merupakan fungsi manajemen yang paling utama. Dalam fungsi perencanaan dan pengorganisasian lebih banyak berhubungan denganaspek-aspek abstrak proses manajemen, sedangkan fungsi actuating justru lebih menekankan padakegiatan yang berhubungan langsung dengan orang-orang dalam organisasi
Dari seluruh rangkaian proses manajemen, pelaksanaan (actuating) merupakan fungsi manajemen yang paling utama. Dalam fungsi perencanaan dan pengorganisasian lebih banyak berhubungan denganaspek-aspek abstrak proses manajemen, sedangkan fungsi actuating justru lebih menekankan padakegiatan yang berhubungan langsung dengan orang-orang dalam organisasi
Dalam
hal ini, George R. Terry (1986) mengemukakan bahwa actuating merupakan usahamenggerakkan
anggota-anggota kelompok sedemikian rupa hingga mereka berkeinginan dan
berusahauntuk mencapai sasaran perusahaan dan sasaran anggota-anggota
perusahaan tersebut oleh karena paraanggota itu juga ingin mencapai
sasaran-sasaran tersebut.
B. Pentingnya Actuating
Hal yang penting untuk diperhatikan dalam pelaksanaan (actuating) ini adalah bahwa seseorang karyawan akan termotivasi untuk mengerjakan sesuatu jika:
1. Merasa yakin akan mampu mengerjakan
2. Yakin bahwa pekerjaan tersebut memberikan manfaat bagi dirinya
3. Tidak sedang dibebani oleh problem pribadi atau tugas lain yang lebih penting atau mendesak
4. Tugas tersebut merupakan kepercayaan bagi yang bersangkutan
5. Hubungan antar teman dalam organisasi tersebut harmonis
C. Prinsip Actuating
Prinsip-Prinsip
Penggerakan
Menurut
Kurniawan (2009) prinsip-prinsip dalam penggerakan/actuating antara lain:
- Memperlakukan pegawai dengan sebaik-baiknya
- Mendorong pertumbuhan dan perkembangan manusia
- Menanamkan pada manusia keinginan untuk melebihi
- Menghargai hasil yang baik dan sempurna
- Mengusahakan adanya keadilan tanpa pilih kasih
- Memberikan kesempatan yang tepat dan bantuan yang cukup
- Memberikan dorongan untuk mengembangkan potensi dirinya
D. Mencapai Actuating Manajerial yang Efektif
- Usaha agar orang-orang merasa dirinya penting
- Usahakanlah untuk mengetahui perbedaan-perbedaan individu.
- Usahakan agar saudara menjadi pendengar yang baik.
- Hindarkan timbulnya perdebatan-perdebatan.
- Hormatilah perasaan orang lain.
- Gunakanlah pertanyaan/percakapan untuk mengajak orang-orang bekerja keras.
- Janganlah berusaha untuk mendominir.
- Ingatlah bahwa kebanyakan orang-orang adalah tamak.
- Praktekanlah management partisipatif
- Berikanlah perintah-perintah jelas dan lengkap.
- Gunakanlah instruksi-instruksi
- Selenggarakan pengawasan (supervisi) yang efektif.
Daftar Pustaka
http://devitadevitaa.blogspot.com/2013/11/prinsip-actuating-dan-mencapai.html
No comments:
Post a Comment