Friday, November 28, 2014

Pengorganisasian Struktur Manajemen

A.    Definisi Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian adalah suatu proses pembentukan kegunaan yang teratur untuk semua sumber daya dalam sistem manajemen. Penggunaan yang teratur tersebut menekankan pada pencapaian tujuan sistemmanajemen dan membantu wirausahawan tidak hanya dalam pembuatan tujuan yang nampak tetapi juga didalam menegaskan sumber daya yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.
Pada hakikatnya, pada sumber daya organisasional mewakili suatu investasi darimana sistem manajemen harus mendapat pengembaliannya (return). Pengorganisasian yang sesuai dari sumber daya-sumber daya tersebut akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari pengunaannya. Henry Fayol telah mengembangkan enam belas garis pedoman umum yang bisa digunakan ketika mengorganisasi sumber daya-sumber daya.

B.     Struktur Organisasi
Struktur organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatanoperasional untuk mencapai tujuan. Suatu struktur organisasi menetapkan bagaimanatugas pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasi secara formal.
Terdapat empat komponen dasar yang merupakan kerangka dalam memberikan definisi dari struktur organisasi yaitu:
1.  Struktur organisasi memberikan gambaran mengenai pembagian tugas sertatanggung jawab
2.    Struktur organisasi memberikan gambaran mengenai hubungan pelaporan yangditetapkan secara resmi
3.  Struktur organisasi menetapkan pengelompokkan individu menjadi bagian dariorganisasi; pengelompokkan tersebut menjadi bagian suatu organisasi yang utuh
4. Struktur organisasi juga menetapkan sistem hubungan dalam organisasi yangmemungkinkan tercapainya komunikasi, koordinasi dan pengintegrasian segenapkegiatan baik ke arah vertikal maupun horizontal.



C.  Pengorganisasian sebagai fungsi manajemen
1.      Struktur Formal
Hubungan antara sumber daya-sumber daya organisasional seperti membentuk bagian-bagian departemen dalam manajemen. Mengacu pada struktur pasti pekerjaan masing-masing juga membawa ukuran dan tanggung jawab.
2.      Struktur Informal
Pola hubungan yang berkembang karena keberadaan anggota informal. Struktur informal berevolusi secara alami dan cenderung didasari oleh norma, nilai, dan/social dari individu.

D.  Manfaat struktur fungsional dan struktur divisional
Manfaat Struktur Fungisional
o   Mempergunaka sumberdaya khusus secara efisien
o   Supervisi dapat dilakukan lebihh mudah
o   Mengembangkan keahliann fungsional
o   Mudah memobilisasi ketrampilan khusus
o   Memelihara kendali terpusat atas keputusan strategis
o   Berkaitan erat dengan strategi melalui kegiatan kunci sebagai unit terpisah
          Manfaat Struktur Divisional
             o Perkerjaan keseluruhan lebih mudah dikoordinasikan prestasi kerja tinggi dapat                                    dipertahankan
             o   Keputusan lebih cepat
             o   Lebih mudah untuk menilai prestasi kerja
             o   Pengembangan dan strategi dekat dengan lingkungan
             o   Memberikan landasan pelatihan bagi para majer strategis
             o   Lebih terfokus pada produk, pasar dan tanggapan cepat terhadap perubahan
             o   Spesialisasi fungsional masih terpelihara pada masing-masaing divisi.

E.     Kerugian struktur fungsional dan struktur divisional
Kerugian struktur fungsional
o   Respon organisasi terhadap perubahan kondisi lingkungan lambat
o   Koordinasi antar bagian atau fungsi tidak terlalu baik
o   Inovasi terbatas
o   Pandangan terhadap sasaran agak terbatas, anggota organisasi cenderung hanya memperhatikan
o   Sulit untuk menentukan mana yang harus bertanggungjawab
o   Sulit untuk menilai prestasi kerja
o   Mengandung potensi yang kuat untuk terjadinya konflik antarfungsi
Kerugian struktur divisional
o   Menambah biaya karena adanya duplikasi karyawan, operasi, dan investasi
o Kompetisi disfungsional antardivisi bisa mengurangi kinerja perusahaan secara keseluruhan
o   Kesulitan dalam mempertahankan citra perusahaan
o   Terlalu menekankan pada kinerja jangka pendek


Daftar Pustaka
elearning.gunadarma.ac.id/.../bab11-dasar_dasar_pengorganisasian.pdf
Afifuddin,M.M.2012.Dasar-dasar Manajemen.Bandung:ALFABETA.

No comments:

Post a Comment

Cute Plant Dancing Kaoani