A.
Definisi
Pengorganisasian (Organizing)
Pengorganisasian adalah
suatu proses pembentukan kegunaan yang teratur untuk semua sumber daya dalam
sistem manajemen. Penggunaan yang teratur tersebut menekankan pada pencapaian
tujuan sistemmanajemen dan membantu wirausahawan tidak hanya dalam pembuatan
tujuan yang nampak tetapi juga didalam menegaskan sumber daya yang akan
digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.
Pada hakikatnya, pada
sumber daya organisasional mewakili suatu investasi darimana sistem manajemen
harus mendapat pengembaliannya (return).
Pengorganisasian yang sesuai dari sumber daya-sumber daya tersebut akan
meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari pengunaannya. Henry Fayol telah
mengembangkan enam belas garis pedoman umum yang bisa digunakan ketika
mengorganisasi sumber daya-sumber daya.
B.
Struktur
Organisasi
Struktur organisasi
adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada
pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatanoperasional
untuk mencapai tujuan. Suatu struktur organisasi menetapkan bagaimanatugas
pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasi secara formal.
Terdapat empat komponen
dasar yang merupakan kerangka dalam memberikan definisi dari struktur
organisasi yaitu:
1. Struktur organisasi memberikan gambaran mengenai pembagian tugas sertatanggung
jawab
2. Struktur
organisasi memberikan gambaran mengenai hubungan pelaporan yangditetapkan secara resmi
3. Struktur
organisasi menetapkan pengelompokkan individu menjadi bagian dariorganisasi; pengelompokkan tersebut menjadi bagian suatu organisasi yang utuh
4. Struktur
organisasi juga menetapkan sistem hubungan dalam organisasi yangmemungkinkan
tercapainya komunikasi, koordinasi dan pengintegrasian segenapkegiatan baik ke
arah vertikal maupun horizontal.
C. Pengorganisasian sebagai fungsi manajemen
1.
Struktur
Formal
Hubungan antara sumber daya-sumber daya
organisasional seperti membentuk bagian-bagian departemen dalam manajemen.
Mengacu pada struktur pasti pekerjaan masing-masing juga membawa ukuran dan
tanggung jawab.
2.
Struktur
Informal
Pola hubungan yang berkembang karena
keberadaan anggota informal. Struktur informal berevolusi secara alami dan
cenderung didasari oleh norma, nilai, dan/social dari individu.
D. Manfaat struktur fungsional dan struktur divisional
Manfaat Struktur
Fungisional
o
Mempergunaka
sumberdaya khusus secara efisien
o
Supervisi
dapat dilakukan lebihh mudah
o
Mengembangkan
keahliann fungsional
o
Mudah
memobilisasi ketrampilan khusus
o Memelihara
kendali terpusat atas keputusan strategis
o Berkaitan erat
dengan strategi melalui kegiatan kunci sebagai unit terpisah
Manfaat Struktur Divisional
o Perkerjaan
keseluruhan lebih mudah dikoordinasikan prestasi kerja tinggi dapat dipertahankan
o
Keputusan
lebih cepat
o
Lebih mudah
untuk menilai prestasi kerja
o Pengembangan dan strategi dekat dengan lingkungan
o Memberikan landasan pelatihan bagi para majer strategis
o Lebih terfokus pada produk, pasar dan tanggapan cepat terhadap perubahan
o Spesialisasi fungsional masih terpelihara pada masing-masaing divisi.
o Pengembangan dan strategi dekat dengan lingkungan
o Memberikan landasan pelatihan bagi para majer strategis
o Lebih terfokus pada produk, pasar dan tanggapan cepat terhadap perubahan
o Spesialisasi fungsional masih terpelihara pada masing-masaing divisi.
E.
Kerugian
struktur fungsional dan struktur divisional
Kerugian struktur fungsional
o
Respon
organisasi terhadap perubahan kondisi lingkungan lambat
o
Koordinasi
antar bagian atau fungsi tidak terlalu baik
o
Inovasi
terbatas
o
Pandangan
terhadap sasaran agak terbatas, anggota organisasi cenderung hanya
memperhatikan
o
Sulit untuk
menentukan mana yang harus bertanggungjawab
o
Sulit untuk
menilai prestasi kerja
o
Mengandung
potensi yang kuat untuk terjadinya konflik antarfungsi
Kerugian struktur divisional
o
Menambah
biaya karena adanya duplikasi karyawan, operasi, dan investasi
o Kompetisi
disfungsional antardivisi bisa mengurangi kinerja perusahaan secara keseluruhan
o
Kesulitan
dalam mempertahankan citra perusahaan
o
Terlalu
menekankan pada kinerja jangka pendek
Daftar Pustaka
elearning.gunadarma.ac.id/.../bab11-dasar_dasar_pengorganisasian.pdf
Afifuddin,M.M.2012.Dasar-dasar
Manajemen.Bandung:ALFABETA.
No comments:
Post a Comment